Sondang Hutagalung Akhirnya Meninggal (Aksi Bakar Diri di Depan Istana Merdeka)


Kabar duka datang dari RSCM. Sondang Hutagalung, pria yang melakukan aksi bakar diri di depan Istana Merdeka meninggal dunia. Sondang meninggal sore ini. Dia menderita luka bakar 98 persen. Belum diketahui motif dan tujuan mahasiswa Universitas Bung Karno ini melakukan aksi nekat itu.

Sondang Hutagalung, sahabat Munir Yang Tewas beberapa hari setelah aksi bakar diri di depan Istana Merdeka
Sondang Hutagalung, sahabat Munir yang tewas beberapa hari setelah aksi bakar diri di depan Istana Merdeka

Sondang pernah aktif di Sahabat Munir. Dia kerap ikut aksi menuntut penuntasan kasus Munir. Karena itu tidak heran, para pegiat HAM kenal dengan sosok Sondang. “Kami kehilangan,” tambah aktivis HAM Usman Hamid. Duka cita juga datang dari Koordinator Sahabat Munir, Choirul Anam. Dia mendapat kabar meninggalnya Sondang sekitar pukul 18.00 WIB. “Kami turut berduka cita,” jelas pria yang akrab disapa Anam ini. Sondang melakukan aksi Rabu lalu.

Pria yang sempat membakar dirinya di depan Istana, diyakini adalah Sondang Hutagalung, mahasiswa Universitas Bung Karno Jakarta. Selama ini, Sondang sering terlibat berbagai aksi damai. Ini dia profil singkat pria yang juga Ketua Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi).

Staf divisi advokasi KontraS, Chrisbiantoro, di kantornya, Jl Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (9/12/2011), menceritakan bagaimana sosok anak bungsu dari empat bersaudara ini. Sondang memang tidak pernah tergabung dalam KontraS. Namun organisasi yang dipimpin Sondang masuk dalam ‘Sahabat Munir’.

“Kebetulan kelompok aktivis itu masuk dalam Sahabat Munir,” jelas Chris. Dalam aksinya, Sondang bertugas di belakang panggung. Dia yang biasanya mengkonsep aksi teatrikal sebuah demo. Namun tidak jarang Sondang juga ikut bermain dalam aksi tersebut. “Kaya di (acara) Munir kemarin, dia (Sondang) berperan jadi pelaku pembunuh Munir,” lanjut Chris.

Setelah kejadian, tim dari KontraS langsung meluncur ke RS. Setelah melihat gigi, kaki dan sepatu yang masih menempel, KontraS yakin jika pria yang membakar dirinya itu adalah Sondang. “Keluarganya menguatkan sepatu itu pemberian dari abangnya,” jelas Chris. Chris menjelaskan sebelum kejadian, Sondang memang menitipkan handphone, dompet serta seluruh identitas ke kerabat sahabatnya. Ini yang menyebabkan polisi tidak menemukan satu pun kartu identitas Sondang.

Chris tidak mengetahui alasan Sondang melakukan aksi itu. Tidak ada masalah dengan Sondang dalam beberapa hari terakhir. “Kata pacarnya pun nggak ada masalah,” imbuhnya. (Sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s