Fenomena Ayu Ting Ting, Wajah Baru Dangdut Indonesia


Musik dangdut Indonesia sepertinya nyaris bahkan sudah identik dengan joget atau goyangan erotis si penyanyinya. Tapi itu tak berlaku bagi new comer di blantika dunia musik dangdut, Ayu Rosmalina atau kini sedang meledak dengan nama ngepop, Ayu Ting Ting dengan lagunya yang kian sering mampir di telinga, ‘Alamat Palsu’. Nama Ayu Ting Ting kian populer di tengah maraknya boyband bernuansa Korean Pop semacam SMASH, Mr. Be, Hitz, Dragon Boyz, atau girlband macam 7 Icon, Cerry Belle, Princess dan lain sebagainya.

Ayu Ting Ting, dangdut masa depan yang tidak harus tampil erotis
Ayu Ting Ting, dangdut masa depan yang tidak harus tampil erotis

Dijagad hiburan, nama Ayu Ting Ting mulai dikenal sebagai seorang penyanyi ‘Alamat Palsu’, yang pernah dibayar Rp 250 ribu untuk menyanyi selama 10 jam. Kini honor Ayu Ting Ting pun naik drastis. Puluhan juta harus disiapkan jika ingin mengundang Ayu Ting Ting memberikan hiburan, menyanyikan lagu-lagunya yang kini populer di telinga masyarakat.

Siapapun orang pasti setuju kalau musik dangdut tidak bisa dilepaskan dari goyangan erotis. Mulai dari pagelaran dangdut yang digelar dari kampung ke kampung untuk berbagai hajatan hingga para pelantun musik ini yang kini telah ngetop seperti Dewi Perssik, Julia Perez (Jupe) atau si Ratu Goyang Ngebor, Inul Daratista. Semuanya menampilkan keerotisan goyangan dan bahkan cenderung mempertontonkan kemolekan tubuh pelantun tembangnya.

Lebih celakanya, mereka yang menikmati bukan hanya orang dewasa, tapi anak-anak yang belum cukup umur. Fakta ini sungguh sangat mengenaskan. Justru, para pelantun dangdut yang tidak memiliki ciri khas goyangan sepertinya justru perlahan mulai tenggelam. Kecuali beberapa pelantun musik dangdut yang memang sudah dikenal seperti Raja Dangdut Rhoma Irama, Camelia Malik, Iis Dahlia, dan Ratu Dangdut Elvy Sukaesih dan beberapa nama pelantun tembang yang memang memiliki basis penggemar tersendiri.

Alamat Palsu, digemari banyak peminat lewat YouTube
Alamat Palsu, digemari banyak peminat lewat YouTube

Para penyanyi dangdut, terutama mereka yang tergabung grup musik dangdut atau populer dengan sebutan orkes melayu (OM), inilah yang umumnya menonjolkan goyangan erotis meski tidak seluruhnya. Malah, agar goyangan semakin erotis, penembang yang sebagian besar biduanita sengaja menggunakan busana minim dan sensual. Para biduanita dangdut inilah yang paling sering dan intens menyapa para penggemarnya. Sebut saja seperti Lina Geboy, Mela Barbie (Mella Barby), Putri Aulia, Denis Arista (Dennies Ariesta), Silviana Asoy, Linda Carera.

Di tengah buaian goyangan erotis para pemusik dangdut ini belakangan mendadak muncul sosok Ayu Ting Ting dengan lagu ‘Alamat Palsu’-nya yang melejit melalui situs video sharing YouTube, mengingatkan pada Shinta dan Jojo dengan lipsync ‘Keong Racun’-nya atau Norman Kamaru dengan lypsinc Chaiyya chaiyya.

Ayu Ting Ting dengan lagunya memang mendadak menjadi buah bibir. Indikasi itu setidaknya bisa terlihat dari hits kunjungan rekaman video Ayu Ting Ting yang diunggahkan seseorang di You Tube.  Banyak yang mengunggah video perempuan yang memiliki nama asli Ayu Rosmalina ini, baik itu video klipnya maupun video saat Ayu tampil di sejumlah acara musik di televisi.

Di Twitter, Ayu Ting Ting juga ramai dibicarakan. Coba saja search saja nama “Ayu Ting Ting” di Twitter. Setiap menit, sekitar 25 tweet tentang Ayu dan bahkan seiring kian meroketnya nama Ayu Ting Ting, semakin sering dan banyak yang men-tweet biduanita muda belia ini.

Penyanyi bernama asli Ayu Rosmalina ini terbilang aktif “berkicau”. Menggunakan ID @aayyttiinngg, pedangdut kelahiran 20 Juni 1992 ini cukup rajin menyapa penggemarnya. Ayu tercatat memiliki 14.772 followers, yang niscaya bakal bertambah dengan cepat, seiring popularitasnya yang sedang menanjak. Di forum online, bukan hanya namanya jadi bahasan, tapi penampilan Ayu Ting Ting baik di panggung maupun di layar kaca dianggap berbeda karena tidak mengandalkan erotisme joget semata. Malah, ia lebih mirip dengan gaya para bintang pop Korea mulai dari baju yang dikenakan hingga joget yang dibawakan.

Ayu Ting Ting, biduanita yang masih berstatus mahasiswa Universitas Gunadharma Jakarta ini tidak menyukai goyangan yang terlalu seronok.

“Saya kurang setuju kalo penyanyi dangdut jadi identik seronok. Justru itu membuat dangdut rusak. Karena penyanyinya juga goyang sampe nungging gitu, benernya gak perlu dilakuin ya. Kalo mereka udah asyik sama musiknya, gak perlu seronok. Kalo soal pakaian, kita harus tahu diri, kita di Indonesia, adat ketimuran. Sama kayak musik saya, itu juga gak akan berubah, sama seperti dari awal,” ujar perempuan yang sudah mengawali karir bernyanyi sejak SMP ini.

Dalam penampilannya, perempuan yang masih berusia 19 tahun ini memang tidak mengenakan baju seseksi dan seberani layaknya penyanyi dangdut seperti Julia Perez atau Dewi Perssik, dua di antara penyanyi dangdut yang dicekal oleh sejumah daerah untuk tampil.

“Selama ini saya masih sewajarnya kalo goyang, berpakaian juga gak takut. Lagian saya punya gerakan yang tidak seronok, saya tahu diri. Jadi tergantung ya, dicekalnya karena apa. Pakaian atau goyangan. Kalo misalnya pakaian yang sampai terlihat anggota tubuh juga gak mungkin di TV begitu, kan ada badan sensornya,” papar lebih suka musik pop Korea atau K-pop ini.  Meski awalnya tidak berniat mencari popularitas, namun nama Ayu Ting Ting kini sering disebut-sebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyanyikan lagunya. ‘Di mana..di mana..di mana..sekarang tinggalnya di mana.

Biodata Ayu Ting Ting :

Ayu Rosmalina

Tempat/Tgl Lahir : Depok, 20 Juni 1990

Profesi : Penyanyi dangdut, Presenter, Model

Tinggi badan  : 160 cm

Berat badan : 45 kg

 

Prestasi :

Bintang Sari Ayu (2006)

Putri Depok (2006)

Mojang Depok

Presenter Kuis (ANTV)

Album Dangdut (Geol Ajep-Ajep)

Album Dangdut (Rekening Cinta)

Goyang Sejati (ANTV)

Dangdut Yoo (TPI)

Kamera Ria (TVRI)

Dangdut Pro (TVRI)

(Sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s