Video Penangkapan Paksa Komjen Susno Duadji, Tanpa Surat Penangkapan, Bak Teroris


Susno ditangkap anggota Propam Mabes Polri di terminal II D, pintu D 1, Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Saat itu Susno hendak pergi ke Singapura untuk berobat bersama menantunya. Cengkareng, Tangerang. Susno ditangkap karena hendak pergi ke luar negeri.  Drama penangkapan mantan Kabareskrim Mabes polri ini sungguh dramatisir, betapa tidak seorang Jendral polisi bintang tiga ditangkap dengan cara yang tidak prosedural dimana penangkapannyapun tidak didasari atas surat perintah penangkapan. Saat wartawan televisi mengambil gambar penangkapanpun langsung dihalang halangi oleh petugas seakan petugas takut publik mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Komjen Susno Duadji, akankah berhenti menyanyi lagu merdu Markus setelah ditangkap
Komjen Susno Duadji, akankah berhenti menyanyi lagu merdu Markus setelah ditangkap

“Susno mau pergi ke luar negeri tanpa izin atasan. Seharusnya dia melapor meskipun berobat harus izin atasan. Kalau di sana terjadi apa-apa bagaimana?” ujar Edward Aritonang (Kompas)

Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji tiba di Mabes Polri, Senin (12/4/2010) malam sekitar pukul 18.45 WIB dengan pengawalan ketat. Sebelumnya, Susno ditangkap di Bandara Soekarno Hatta saat akan berangkat ke Singapura untuk berobat. Markas Besar Kepolisian RI menyatakan mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Komisaris Jenderal Susno Duadji melanggar disiplin Polri. Jika terbukti bersalah, Susno pun terancam sanksi berat.

Penangkapan Susno mengejutkan banyak pihak karena dilakukan tak lama setelah ia mengungkap informasi yang mengarah terjadinya kegiatan makelar kasus selama ini di Mabes Polri. Susno mengungkap hal tersebut di depan Komisi III DPR RI, minggu lalu. Senin pagi tadi, Susno juga bertemu Satgas Pemberantasan Mafia Hukum untuk kedua kalinya untuk melaporkan informasi terkait kasus Gayus Tambunan dan penangkaran ikan arwana.

Sekarang semua masih remang remang, apa dan bagaimana sandiwara anak manusia ini nanti akhirnya. Siapa yang benar siapa yang salah masih begitu susah menelusurinya, mungkin masyarakat bisa menilai dan boleh menilai, namun Polisi juga punya argumen yang menurut mereka benar, walaupun kebenaran itu selama didunia masih sangat relatif tergantung pada kepentingannya.
Sumber: Kompas/Detik/Vivanews/Metro TV

15 thoughts on “Video Penangkapan Paksa Komjen Susno Duadji, Tanpa Surat Penangkapan, Bak Teroris

  1. memalukan ja Jendral kita ini… di tangkap paksa oleh perwira menengah.
    koQ pak KAPOLRI diam ja?
    mw kemana image JENDRAL negeri ini?

  2. pak susno,..apa yg bpk hadapi belum seberapa.Rasul kita Muhammad SAW di perlakukan lebih jahat lg,tp KEBENARAN & KEBAIKAN hrs tetap di jalankan,pak susno jgn takut dgn ujian ini,kalo bpk benar Bukan hny Orang yg simpati kpd Bpk,Allah SWT akan lebih simpati & berikan kemudahan kpd bpk,yang ihklas ya pak,..allah SWT bersama bpk.
    KALO KITA BERBUAT BAIK,WALAUPUN REZEKI BELUM DI TANGAN,BENCANA SDH MENJAUH.TAPI KALO KT BERBUAT JAHAT,WALAUPUN REZEKI SDH DI TANGAN INGAAATTT,..BENCANA MENANTI.BRAVO PAK SUSNO

  3. hehe, unik sekali negeri ini…
    ama jendral aja gitu…
    apalagi ama org biasa, org kecil…
    wah, bisa2…….

    kita hanya berharap negeri ini bisa
    sembuh, secepatnya…

    salam,, 😦

  4. Tadi saya menyaksikan penangkapan beliau di metro tv,
    sungguh menyedihkan, seorang jendral bintang 3 ditangkap seperti itu dan istri Pak Susno menangis saat dihubungi via telepon.
    Terlepas benar salahnya seorang Susno, ada cara yang lebih elegant untuk melakukannya.
    Dalam pandangan saya, polri sudah mencoreng wajahnya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s