5 Fakta Tentang HIV/AIDS Yang Penting Diketahui (Must Read)


Kasus HIV/AIDS di Indonesia makin mengkhawatirkan. Di Indonesia secara kumulatif kasus pengidap HIV dan AIDS mulai Januari 1987 hingga 31 Maret 2009 terdiri dari HIV 6.668 kasus, AIDS 16.964 kasus. Proporsi kumulatif untuk kasus AIDS menurut golongan usia, antara lain di bawah usia satu tahun mencapai 135, usia satu hingga empat tahun mencapai 175, usia lima hingga empat belas tahun mencapai 88.

Salah satu saksi bisa akhir hidup dari seorang penderita HIV yang diabadikan di Museum HIV-AIDS di Thailand
Salah satu saksi bisa akhir hidup dari seorang penderita HIV yang diabadikan di Museum HIV-AIDS di Thailand

Pengidap HIV yang sudah parah dan menanti ajal
Pengidap HIV yang sudah parah dan menanti ajal, (saat ini sudah meninggal)

Sebagaimana dikutip ruanghati.com dari Kompas, usia lima belas hingga sembilan belas tahun mencapai 522, usia dua puluh hingga dua puluh sembilan tahun mencapai 8.567 kasus. Sedangkan usia 30 hingga 39 tahun mencapai 4.997, usia 40 hingga 49 tahun mencapai 1.427, usia 50 hingga 59 tahun mencapai 404, usia di atas 60 tahun mencapai 91, dan tak diketahui usia penderita mencapai 558 kasus.

Dari data ini, penderita usia remaja dan produktif cukup banyak. Ini mengkhawatirkan. Sebagian besar remaja menganggap HIV sebagai penyakit yang tak berbahaya. Lebih parah lagi, banyak sekali pemahaman salah terkait HIV/AIDS. Mari kita lihat 5 fakta mengenai HIV/AIDS yang wajib diketahui remaja:

1. HIV tidak pandang bulu
Sejak epidemi HIV dimulai 20 tahun lalu, stereotipe yang beredar di masyarakat tentang penderita HIV yaitu para gay, pemakai narkoba dan para pekerja seks komersial lah yang mendapat label tersebut. Faktanya, semua orang bisa terkena HIV, dari usia tua, muda , kaya, miskin, wanita, pria, maupun anak – anak dan dari berbagai macam profesi.

2. Seks oral tak seaman yang diipikir
Oral seks seringkali dianggap sebagai cara “aman” melakukan hubungan seksual. Faktanya, berdasar penelitian,  cairan tubuh yang terinfeksi seperti semen dan sekresi vagina yang mengandung konsentrasi virus HIV tinggi bisa memasuki aliran darah melalui membran mukosa mulut.

3. Jangan cuma khawatir hamil
Banyak remaja percaya, satu – satunya risiko berhubungan seks tanpa proteksi adalah kehamilan. Karena itu dipakailah pil KB, oral seks dan ejakulasi di luar demi mencegah kehamilan. Padahal, banyak hal yang harus dikhawatirkan selain kehamilan, yakni adanya penyakit menular seksual (PMS) seperti sifilis, herpes, termasuk HIV yang bisa mengancam kehidupan.

4. Kadang orang tidak mengatakan sesungguhnya dan kita tidak tahu kenyataannya
Coba Anda pikir sejenak kalimat di atas. Berapa banyak orang yang mengakui bahwa mereka menderita HIV jika ditanya oleh pasangan barunya? Berapa banyak orang yang mengakui kehidupan seksual mereka ketika mereka baru mengenal seseorang? Berapa banyak orang yang benar – benar mengetahui status HIV mereka dan status kesehatan orang – orang yang bersama mereka sebelumnya? Sebuah pernyataan “ partner saya tidak mengidap HIV” hanya bisa diterima jika disertai dengan bukti nyata tes HIV negatif. Tanyalah dengan jelas status HIV mereka dan mintalah mereka melakukan tes sebagai bukti.

5. Belum ada obat untuk si pembunuh
Meski orang dengan HIV/AIDS (ODHA) bisa hidup lebih lama berkat obat antiretroviral, obat ini tidak menyembuhkan. Kalau pun obat-obat ini melindungi dari infeksi opportunistik ini bukanlah “jalan pintas” dari infeksi HIV. Obat ini bahkan menyebabkan efek samping seperti diare, kelelahan berlebihan, kemerahan, mual dan muntah.

Jadi, sebaiknya pikirkanlah dahulu sebelum berbuat terlalu jauh dan merusak masa depan Anda, karena HIV merupakan “silent killer”, si pembunuh senyap yang jelas akan membuat anda menyesal di masa depan karenanya.

oleh Dr. Intan Airlina Febiliawanti

Baca Yang Hot Lainnya :

– Ternyata Para Cewek Suka Berfantasi Seks Pada Lawan Jenisnya, Lihat Bukti Ini

– Artis Cantik Hollywood Rela Menjual Diri Untuk Membantu Korban Gempa Haiti

– Aneh!! Holiday Inn Hotel Sediakan Selimut Hangat Tamu Berupa Manusia

Baca Menarik lainnya:

– Inilah Pengalaman Unik Ikut Razia PSK di Hongkong (Ngakak)

Astaga, Cewek Ini Bisa Orgasme 100-200 Kali Sehari (Kenikmatan Yang Tidak Nyaman)

Foto Hot, Hidden Camera Trio Macan Polos Tanpa Busana (Uncensored)

Kisah Pria Yang Menjadi Seorang Pengetes Calon PSK di Rumah Bordil (Khusus 18+)

Dimana Mana Hidupku Selalu Menjadi Korban Pemerkosaan

Kisah Perjalanan Hidup Seorang Gigolo Dadakan ‘Hot’

Inilah Solusi Total Buat Yang Punya Pasangan Senang Selingkuh, Dijamin Tokcer

Hotel Langganan Para Eksebisionis Yang Suka Pamer Tubuh Bugil

Inilah Ekspresi dan Gaya Para Pemimpin Dunia Ketika BAB (Buang Air Besar)

Heboh, Wedding Photo Pengantin Baru Diselingi ML” Doggy Style” (Khusus Dewasa)

[Hot Pic] Inilah Para PSK Jalanan Sedang Tunggu Bookingan Yang Tertangkap Kamera Google

13 thoughts on “5 Fakta Tentang HIV/AIDS Yang Penting Diketahui (Must Read)

  1. Bagi yang terkena AIDS coba deh herbal SARI BUAH MERAH dari Wamena Papua ternyata mampu melemahkan virus AIDS, kaka di Wamena punya pohonnya mudah2 an kami dapat bantu…. berbagi info 0812 8039 6464

  2. aku ingetin bwt org yg dh nglakuin hubngan sex,jgn suka nglakuin itu krn hanya akan merusak masa depan anada sendiri,,,bertobatlah sebelum ajal menjemputmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s