Inilah Pesan Ramadhan Dari Presiden Amerika Barrack Obama


Muslim Amerika yang dulu banyak dukung Obama
Muslim Amerika yang dulu banyak dukung Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Jumat, menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa kepada warga Muslim di Amerika dan dunia, yang mulai memasuki bulan suci Ramadhan 1430 H. Obama juga menyatakan kembali keinginannya untuk memperbaiki hubungan antara AS dengan dunia Islam.

Dalam pesan yang disampaikannya melalui video dari Gedung Putih, Washington, DC, Obama menggambarkan betapa ia –kendati bukan beragama Islam– cukup terbiasa dengan berbagai tradisi di kalangan masyarakat Muslim.

“Seperti orang-orang lainnya dari agama berbeda yang tahu soal Ramadhan melalui lingkungan masyarakat dan keluarga, saya tahu bahwa ini (Ramadhan, red) merupakan sebuah perayaan –saat keluarga berkumpul, teman-teman mengadakan acara buka puasa, dan berbagi makanan,” kata Obama, yang sebagian masa kecilnya pernah dihabiskan di Indonesia –negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia.

“Tapi saya juga tahu bahwa Ramadhan adalah saat untuk menerapkan ketaatan dan refleksi –saat kaum Muslim berpuasa pada siang hari dan melakukan shalat tarawih pada malam hari, mengaji dan mendengarkan lantunan Al Quran selama satu bulan,” tambahnya.

Ritual-ritual tersebut, katanya, mengingatkan semua pihak tentang prinsip-prinsip bersama dan peranan Islam dalam memajukan keadilan, toleransi dan martabat semua umat manusia.


Obama, sementara itu, menyatakan bahwa Amerika bertekad menjalankan tanggung jawabnya untuk membangun dunia yang lebih damai dan aman.

Karena itulah, kata Obama, AS berupaya mengakhiri perang di Irak, mengisolasi kalangan ekstremis yang melakukan kekerasan di Afghanistan dan Pakistan –dan pada saat yang bersamaan AS berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat setempat.

“Karena itulah Amerika (juga) menegaskan dukungan kami bagi tercapainya penyelesaian dua-negara yang mengakui hak-hak rakyat Israel dan Palestina untuk hidup secara damai dan aman,” ujarnya.

Semua upaya tersebut, katanya, merupakan bagian dari tekad AS untuk menjalin hubungan dengan dunia Islam dengan dasar saling menghargai.

“Saya ingin menegaskan kembali komitmen kami untuk membangun awal yang baru antara Amerika dan kaum Muslim di dunia,” kata Obama.

Ia menyatakan harapannya bahwa dialog antara pihak-pihak tersebut akan berlanjut.

“Dan hari ini, saya ingin bergabung bersama 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia –bersama keluarga dan teman-teman anda– dalam menyambut dimulainya bulan Ramadhan… Semoga Tuhan memberkati Anda,” ujar Obama menutup pesan Ramadhan. (antara)

22 thoughts on “Inilah Pesan Ramadhan Dari Presiden Amerika Barrack Obama

  1. Pak Obama…aku sangat gembira n bangga mendengar pidato dan tekadmu…semoga Allah SWT membukakan pintu hatimu tuk meyakini Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin… Kalo pak Obama memeluk Islam, insyaAllah aku langsung datang eke Amrik…

  2. alhamdulillah, terima kasih Pak Obama. Sebagai seorang muslim yang pernah datang dan belajar di negara Bapak, saya katakan “perjalanan anda masih panjang untuk mencapai cita2 anda yang mulia itu”. Saling perang dan saling bunuh itu sunnatullah, namun dengan adanya agama, terutama Islam yang rahmatan lilalamin, seharusnya kehidupan umat didunia ini penuh rasa kasih sayang dan toleransi, menghindarkan saling merendahkan, saling mengecil yang satu dan saling hidup apa adanya sebagai manusia makluk yang paling mulia ciptaan Allah/Tuhan yang diyakini semua agama. Saya menyarankan Pak Obama mengambil langkah kongrit misalnya membentuk “panitia kecil” di Gedung Putih yang secara terus menerus mengembangkan dan menindak lanjuti upaya dari pidato2 Bapak selama ini.

  3. niatnya baik, tapi ntar pasti ada sesuatu yang merugikan umat islam….
    karena memeng seperti itulah kaum kafir, pandai bernegosiasi, padahal sedang merencanakan sesuatu????

  4. Alhamdulillah… trimakasih Obama … hari ini anda mewakili dunia internasional sebagai simbol pengakuan bahwa Muhammad SAW penbawa ajaran yang benar. Sumber konflik Muslim dan Non Muslim hanyalah karena Yahudi slalu akan dan membunuh setiap nabi yang diutus Alloh. Mereka beranggapan bahwa mereka adalah nabi palsu. Jika dunia sudah percaya atas kerasulan Muhammad, maka tidak perlu ada konflik muslim dan non muslim. Kami berdoa semoga Obama segera mendapat hidayah dan segera masuk Islam. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s