Akankah Air France Hilang Selamanya Seperti Adam Air ?


Pesawat Maskapai Air France dinyatakan Hilang Di Samudra Atlantik
Pesawat Maskapai Air France dinyatakan Hilang Di Samudra Atlantik

Belum lama berita jatuhnya pesawat Hercules milik TNI-AU reda, sebuah pesawat komersial dari salah satu maskapai terkenal dunia Air France dinyatakan hilang di samudra Atlantik dalam perjalanan dari Rio De Janeiro Brasil menuju Paris.
Dugaan sementara pesawat Air France itu tersambar petir.
Para pejabat maskapai penerbangan ini mengatakan pesawat jenis Airbus itu mengirim pesan otomatis jam 0214 GMT, empat jam setelah meninggalkan Rio de Janeiro, melaporkan terjadi hubungan arus pendek saat terbang menembus badai hebat.

Pesawat itu berada di atas lautan Atlantik saat hilang, sehingga upaya pencarian Brazil dan Perancis semakin sulit.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan kemungkinan untuk menemukan korban selamat sangat kecil.

”Ini merupakan bencana yang belum pernah dialami oleh Air France sebelumnya,” kata Sarkozy usai bertemu dengan sanak saudara dan handai taulan penumpang pesawat naas tersebut di pusat pengendalian krisis bandar udara Charles de Gaulle.

Airbus A330-200 bagian dari armada yang dimiliki Air France
Airbus A330-200 bagian dari armada yang dimiliki Air France

Sebelumnya direktur eksekutif Air France, Pierre-Henri Gourgeon, mengatakan kepada para wartawan: “Tanpa keraguan lagi kami mengalami bencana di udara.”

Ia menambahkan: ”Kami di Air France sepenuhnya berbuat sebisa mungkin untuk sanak keluarga dan ikut merasakan duka yang dalam.”

Menteri Perancis yang bertanggungjawab atas transportasi, Jean-Louis Borloo, menampik faktor pembajakan sebagai penyebab hilangnya pesawat itu.

“Pesawat itu disambar petir – ini satu kemungkinan,” ujar Francois Brousse, kepala komunikasi Air France kepada para wartawan di Paris.

Pesawat bernomor penerbangan AF 447 meninggalkan Rio jam 1900 waktu setempat (0400 WIB) hari Minggu.

Pesawat ini mengangkut 216 penumpang dan 12 awak termasuk tiga pilot, para penumpang terdiri dari satu anak bayi, tujuh anak-anak, 82 wanita dan 126 prila.

Rute Perjalanan Air France yang Hilang dari Brasil Menuju Paris
Rute Perjalanan Air France yang Hilang dari Brasil Menuju Paris

Rincian kewarganegaraan penumpang belum dirilis namun diyakini terdapat warga Italia dan Inggris selain penumpang asal Perancis dan Brazil.

‘Pencarian panjang’

Pesawat jenis Airbus 330-200 dijadwalkan tiba di Paris jam 11.10 waktu setempat (1510 WIB).

Dilaporkan pesawat itu hilang sekitar 300 km timur laut kota Natal, Brazil.

Juru bicara Angkatan Udara Brazil Kolonel Henry Munhoz mengatakan kepada televisi Brazil bahwa pesawat ini tidak tertangkap radar di kepulauan Cape Verde, dan membenarkan bahwa pesawat angkatan udara Brazil telah meninggalkan Fernando de Noronha untuk melakukan pencarian.
Satu pesawat militer Perancis juga telah diterbangkan dari Senegal untuk ikut melakukan pencarian.
Borloo mengatakan pesawat itu kemungkinan sudah kehabisan bahan bakar.

“Radar Spanyol tidak menangkap apapun, radar Maroko dan Perancis juga tidak menangkap sesuatu – kami benar-benar mengkhawatirkan yang terburuk,” tambahnya.

Douglas Ferreira Machado, kepala penyelidikan dan pencegahan kecelakaan di Badan Aeronatika Sipil Brazil mengatakan upaya pencarian akan “berlangsung panjang”.
“Ini bisa menjadi cerita panjang dan menyedihkan,” ujarnya kepada Globo News Brazil. “Kotak hitam kemungkinan berada di dasar laut.”
Seorang juru bicara Air France mengatakan hubungan radio dengan pesawat itu tidak terjadi “dalam beberapa waktu”.

Pusat krisis

Seorang Pejabat Air France mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa warga yang menunggu kedatangan pesawat itu akan dibawa ke tempat khusus di terminal kedua bandara Charles de Gaulle.
Keluarga dan teman penumpang dibawa meninggalkan ruang tunggu kedatangan.
Ini merupakan kecelakaan besar pertama di wilayah udara Brazil sejak pesawat Tam jatuh di Sao Paulo bulan Juli 2007 yang menewaskan 199 orang.

Di Indonesia kejadian hilangnya pesawat komersial pernah terjadi, kita masih ingat maskapai penerbangan Adam Air yang akhirnya sekarang menjadi almarhum alias tidak beroperasi lagi.

Rute Hilangnya Adam Air
Rute Hilangnya Adam Air

Adam Air Penerbangan KI-574 adalah sebuah penerbangan domestik terjadwal Adam Air jurusan Surabaya-Manado, yang sebelum transit di Surabaya berasal dari Jakarta, yang hilang dalam penerbangan. Bertentangan dengan laporan keliru sebelumnya, pesawat sampai saat ini masih berstatus hilang. Kotak hitam ditemukan di kedalaman 2000 meter pada 28 Agustus 2007. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 96 penumpang dan 6 awak pesawat. Pada 25 Maret 2008, penyebab kecelakaan seperti yang diumumkan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) adalah cuaca buruk, kerusakan pada alat bantu navigasi Inertial Reference System (IRS), dan kegagalan kinerja pilot dalam menghadapi situasi darurat.

Pesawat lepas landas pada pukul 12.55 WIB dari Bandara Juanda (SUB), Surabaya, Indonesia pada tanggal 1 Januari 2007. Seharusnya pesawat tiba di Bandara Sam Ratulangi (MDC), Manado pukul 16.14 WITA. Pesawat kemudian dilaporkan putus kontak dengan Pengatur lalu-lintas udara (ATC) Bandara Hasanuddin Makasar setelah kontak terakhir pada 14:53 WITA. Pada saat putus kontak, posisi pesawat berada pada jarak 85 mil laut barat laut Kota Makassar pada ketinggian 35.000 kaki.

Pesawat ini membawa 96 orang penumpang. yang terdiri dari 85 dewasa, 7 anak-anak dan 4 bayi. Dipiloti oleh Kapten Refri A. Widodo dan co-pilot Yoga, dan disertai pramugari Verawati Chatarina, Dina Oktarina, Nining Iriyani dan Ratih Sekar Sari. Pesawat tersebut juga membawa 3 warga Amerika Serikat.

Hilangnya Adam Air hingga saat ini masih misteri
Hilangnya Adam Air hingga saat ini masih misteri

Pada 25 Maret 2008, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan bahwa pilot terlibat dan menghadapi problem navigasi yakni sistem panduan navigasi. Ketika di ketinggian 35.000 kaki dan kru memutuskan IRS Mode selector unit No-2 (kanan) ke posisi mode ATT (attitude), auto pilot jadi mati. Akibatnya pesawat secara perlahan berbelok (roll) ke kanan hingga terdengar peringatan sistim arah pesawat (bank angle) karena miring ke kanan hingga melewati 35 derajat. Bahkan, data Digital Flight Data Recorder (DFDR) sesudah pesawat mencapai bank angle hingga 100 derajat dan posisi hidung pesawat menukik, pilot tak juga mengubah arah pesawat. Saat menukik, kecepatan pesawat mencapai 0,926 mach dan daya grativitasi tekanan pesawat berubah dari positif 3,5 g menjadi negatif 2,8 g. Menurut Dirjen Perhubungan Udara, Departemen Perhubungan, Budhi Muliawan Suyitno, situasi pesawat bergetar hebat sehingga struktur kendali pesawat rusak.

Mungkin kesamaan dari 2 kecelakaan ini adalah hilangnya di laut, satu di perairan selat Makasar satu lagi di Samudra Atlantik. Adam Air hingga saat ini masih dinyatakan hilang dan tidak ditemukan secara pasti, hanya beberapa serpihan pesawat dan beberapa benda lainnya yang diindikasikan milik pesawat ditemukan, banyak memang misteri yang menyertai hilangnya Adam Air. Akankah Air France bisa bernasib sama dengan Adam Air?

Laporan terakhir kontak menyebutkan pesawat mengalami Turbulensi, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy pesimis akan adanya korban selamat dalam pesawat Air France yang hilang di perairan Atlantik. Proses pencarian pesawat pun masih sulit dilakukan.

“Peluang untuk mencari korban yang selamat sangat sulit,” kata Sarkozy di bandara Charles de Gaulle, Paris, seperti dikutip AFP, Senin (1/6/2009).

Hal tersebut ia sampaikan usai menemui para keluarga penumpang yang sudah menunggu di pusat penanggulangan krisis di bandara tersebut. “Ini adalah bencana yang tidak pernah kita duga,” imbuhnya.

Jika seluruh penumpang dipastikan tewas, maka ini menjadi kisah terburuk dalam sejarah penerbangan dunia. Khususnya bagi Air France selama satu dekade ini.

Pihak keluarga dari para penumpang saat ini berkumpul sambil berurai air mata di bandara. Mereka masih menanti kabar terbaru tentang kondisi korban. Tim psikologis khusus juga sudah dipersiapkan untuk menangani kondisi kejiwaan mereka. Sumber AFP, BBC, Detik, Wikipedia, CNN

2 thoughts on “Akankah Air France Hilang Selamanya Seperti Adam Air ?

  1. ITU MAH NAMANYA KWALAT TAU, MAKANYA JANGAN SOK GITU LOH PAKE CEKAL MENCEKAL RUTE PENERBANGAN. EMANGNYA MBAHNYA ORANG EROPA YG CIPTAIN LANGIT & BUMI. SRAHIN AJ PD ALLAH SWT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s